STRES

Istilah stress dikemukakan oleh Hans Selye (dalam Senhert, 1981) yang mendefinisikan stress sebagai respon yang tidak spesifik dari tubuh pada tuntutan yang dikenakan padanya. Dengan kata lain istilah stress dapat digunakan untuk menunjukan suatu perubahan fisik yang luas yang disulut oleh berbagai factor psikologis atau factor fisik atau kombinasi dari kedua factor tersebut. Menurut Lazarus (1976) stress adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebabkan karena individu dihadapkan pada situasi internal dan eksternal. Menurut Korchin (1976) keadaan stress muncul apabila tuntutan yang luar biasa atau terlalu banyak mengancam kesejahteraan atau integritas seseorang.

MODEL STRES
Cox (dalam Crider dkk, 1983) mengemukakan tiga model stress, yaitu:
a. Response-based model
Stress model ini mengacu sebagai sekelompok gangguan kejiwaan dan respon-respon psikis yang timbul pada situasi sulit. Model ini mencoba untuk mengidentifikasikan pola-pola kejiwaan dan respon-respon kejiwaan yang diukur pada lingkungan yang sulit. Pusat perhatian pada model ini adalah bagaimana stressor yang berasal dari peristiwa lingkungan.
b. Stimulus-based model
Model sters ini memusatkan prhatian pada sifat-sifat stimuli stress. Tiga karakteristik penting dari stimuli stress adalah sebagai berikut:
1) Overload
Karaktristik ini diukur ketika sebuah stimulus dating secara intens dan individu tidak dapat mengadaptasi lebih lama lagi.
2) konflik
Konflik diukur ketika sebuah sebuah stimulus secara stimultan mebangkitkan dua atau lebih respon-respon yang tidak berkesuaian.
3) Uncontrollability
Uncontrollability adalah peristiwa-peristiwa dari kehidupan yang bebas atai tidak tergantung pada perilaku diman pada situasi ini menunjukan tingkat stress yang tinggi.
c. Interactional Model
Model ini merupakan perpaduan dari response-based model dan stimulus based model. Ini mengingatkan bahwa dua modek terdahulu membutuhkan tambahan informasi mengenai motif-motif individual dan kemampuan mengcoping (mengatasi).

SUMBER : Prabowo, Hendro. 1998. Arsitektur, Psikologi dan Masyarakat. Depok:Gunadarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: