Obama dan Hillary Clinton, Tokoh Paling Dikagumi

Washington – Secara berturut-turut, tahun ini Presiden Barack Obama kembali menduduki peringkat tertinggi sebagai orang yang paling dikagumi oleh orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat, menurut jajak pendapat tahunan yang dilakukan lembaga Today-Gallup USA.

Sementara menteri Hillary Rodham Clinton adalah tokoh wanita yang paling dikagumi. Prestasinya kali ini memasuki tahun kesembilan secara berturut-turut. Ia tetap mengalahkan mantan Gubernur Alaska Sarah Palin, dan pembawa acara televisi Oprah Winfrey, seperti halnya tahunlalu.

Jajak pendapat yang dirilis Senin waktu setempat, menanyakan kepada responden tentang tokoh pria dan wanita di mana pun di dunia ini yang paling mereka kagumi. Laporan akhir survei ini memberi peringkat satu sampai 10 berdasarkan jumlah pemilihnya.

Obama menjadi pria paling dikagumi sejak ia terpilih menjadi presiden pada 2008. Dengan 22 persen jumlah yang memilih dia, Obama mengalahkan para pendahulunya, George W. Bush, yang meraih suara 5 persen, dan Bill Clinton, dengan perolehan 4 persen suara.

Namun, persentase perolehan suara untuk Obama sudah jauh berada di bawah jumlah pemilih tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2008 ia memimpin daftar tokoh paling dikagumi ini dengan 32 persen suara, dan pada tahun 2009 turun menjadi 30 persen.

Daftar tokoh selengkapnya dengan perolehan suara hanya sekitar dua persen, memuat nama-nama antara lain mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandella, taipan Bill Gates, Paus Benediktus XVI, Pendeta Billy Graham, mantan Presiden Jimmy Carter, pembawa acara bincang-bincang Glenn Beck, dan Dalai Lama.

Sementara nama Hillary Clinton menjadi tokoh perempuan yang dikagumi, dan namanya selalu masuk daftar hasil jajak pendapat sebanyak 15 kali sejak tahun 1992, ketika ia pertama kali muncul setelah suaminya terpilih sebagai presiden. Dia memimpin tahun ini dengan 17 persen, diikuti oleh Palin dengan 12 persen, Winfrey dengan 11 persen, dan ibu negara Michelle Obama dengan 5 persen.

Sementara nama-nama lain dengan perolehan suara tak lebih dari dua persen, terdapat nama mantan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice, Ratu Elizabeth, aktris Angelina Jolie, mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher, dan tiga nama lainnya di tempat kesembilan yakni tokoh demokrasi Burma Aung San Suu Kyi, mantan ibu negara Laura Bush, dan Barbara Bush.

Survei The USA Today-Gallup diselenggaran pada 10-12 Desember, yang dilakukan melalui wawancara di telepon yang diambil secara acak terhadap 1.019 orang dewasa, dan margin error empat persen.
sumber : tempo interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: