Manfaat Stres

Meskipun relaksasi, santai, dan manajemen stres telah kita usahakan, tapi rasanya hidup belum juga seimbang. Pada dasarnya, stres itu baik, bahkan bermanfaat untuk tubuh.

Setelah stres mencapai tingkat tertentu, bagaimanapun produktivitas turun. Terlalu stres dapat menyebabkan masalah tidur dan lekas marah. Dalam jangka panjang, tubuh akan bermasalah dengan tekanan darah tinggi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Namun, stres meningkatkan produktivitas dan kinerja. Ketahuilah, kadang-kadang stres akan membuat Anda menjadi lebih baik. Jika ingin hidup sehat, Anda tak perlu menghindari stres. Yang Anda perlukan adalah strategi untuk menjaga diri dari kewalahan ketika stres terlalu menumpuk.

Sebuah aspek penting dari manajemen stres adalah penerimaan diri, misal mengetahui bahwa Anda menjadi penggila makan saat stres. Lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah reaksi stres, misal dengan buku harian, pergi ke alam terbuka, dan sebagainya, lalu lanjutkan hidup Anda. Tubuh akan lebih kuat jika Anda meluangkan waktu untuk bisa menenangkan diri.

Jika terlalu stress, coba solusi ini seperti dikutip Redbook:

Mintalah apa yang Anda butuhkan

Anda harus berhenti merasa bersalah atau lemah untuk mengandalkan orang lain. Bila Anda meminta bantuan, itu artinya Anda menjadikan teman-teman atau keluarga sebagai karunia yang dibutuhkan. Sebaliknya, mengatakan “tidak” untuk meminta bantuan hanya akan meningkatkan kecemasan Anda.

Bernapas dalam

Hitung “satu, dua, tiga, empat” dalam hati sementara Anda menarik napas dalam. Ketika Anda mengeluarkan napas, hitung “empat, tiga, dua, satu.”

Alam terbuka

Bayangkan diri Anda dalam situasi yang menenangkan, seperti taman bunga atau pantai. Gunakan masing-masing indra Anda untuk menempatkan diri sepenuhnya ke tempat tersebut. Dapatkah Anda mencium bau bunga? Apakah air hangat menyentuh jari kaki Anda?

Buku harian

Studi menunjukkan, mengekspresikan emosi secara tertulis dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebahagiaan Anda.
SUMBER : WIHANS WEB.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: