Lebih Banyak Anak Lahir Mengidap Sindrom Down

PORTSMOUTH, 16 September (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) — Analisa baru menunjukkan bahwa dewasa ini banyak lagi bayi dilahirkan dengan sindrom Down daripada 15 tahun yang lalu di Inggris, meskipun telah ada pemeriksaan genetika di seluruh dunia. Dewasa ini, lebih banyak orang mengidap sindrom Down daripada sebelumnya. Mereka berprestasi lebih banyak dan hidup lebih lama dengan kehidupan yang lebih berkecukupan, dengan mempertanyakan etika pemeriksaan. Pemeriksaan juga beresiko terhadap bayi yang tidak mengidap sindrom Down. Analisa baru ini memperkirakan bahwa pemeriksaan menyebabkan kematian 400 bayi yang tidak mengidap sindrom Down setiap tahunnya di Inggris dan Wales saja.

Lebih banyak bayi dilahirkan setiap tahun. “Sekarang lebih sedikit bayi seringkali dianggap lahir dengan sindrom Down. Ini tidak benar – kelahiran bayi pengidap sindrom Down bertambah 25% dalam 15 tahun di Inggris. Pada saat yang sama, harapan hidup dan mutu kehidupan terus membaik,” kata Frank Buckley, Kepala Eksekutif badan amal sekaligus penyusun bersama laporan tersebut. “Lebih banyak orang mengidap sindrom Down daripada sebelumnya dengan lebih dari 600.000 pengidap di seluruh Eropa dan Amerika Utara dan mungkin 4 juta di seluruh dunia. Masih banyak lagi yang harus dilakukan, namun pengidap sindrom Down mencapai lebih banyak berkat perawatan kesehatan dan peluang yang lebih baik serta pendekatan pengajaran yang lebih efektif.”

Meskipun mutu kehidupan pengidap sindrom Down terus membaik, kebijakan pemerintah mengharuskan pemeriksaan genetika diberikan kepada semua wanita hamil, yang menimbulkan resiko terhadap 700.000 kehamilan setiap tahun. Sekitar 95% dari semua hasil pemeriksaan adalah salah. Wanita yang memperoleh hasil ini didorong untuk mempertimbangkan pengujian yang bersifat menyerang (invasive). Antara 1 dari 100 dan 1 dari 50 kehamilan yang diuji dengan cara ini gagal sebagai akibat pengujian tersebut.

Down Syndrome Education International menghimbau penelitian lebih lanjut dan dukungan yang lebih baik bagi pengidap sindrom Down. Badan amal ini juga menghimbau kajian ulang kebijakan pemeriksaan dan pembahasan lebih luas tentang bisanya pemeriksaan genetika diterima untuk kemampuan mental dan fisik selama kehamilan.
SUMBER : ANTARAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: