ADHD Pada Orang Dewasa

ADHD pada anak-anak sudah lama kita kenal, tetapi ADHD pada orang dewasa belum lama dikenal. Bagi banyak orang dewasa ADHD bisa mempengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Penderita ADHD tidak bisa dipahami oleh keluarga sendiri apalagi oleh lingkungan luar. Penderita ADHD dewasa sering merasa dikucilkan dan dihindari oleh pelbagai instansi seperti sekolah, tempat kerja, perkumpulan, pengadilan dan lain-lain.

ADHD pada anak-anak sudah lama kita kenal, tetapi ADHD pada orang dewasa belum lama dikenal. Bagi banyak orang dewasa ADHD bisa mempengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Penderita ADHD tidak bisa dipahami oleh keluarga sendiri apalagi oleh lingkungan luar. Penderita ADHD dewasa sering merasa dikucilkan dan dihindari oleh pelbagai instansi seperti sekolah, tempat kerja, perkumpulan, pengadilan dan lain-lain.

ADHD
Mempunyai anak dengan ADHD adalah sesuatu yang tidak mudah dalam kehidupan sehari- hari. Anak-anak ini menuntut banyak perhatian baik dari orang tua mereka maupun orang sekelilingnya dan sering susah diatur.

Penderita ADHD dewasa biasanya sudah menemukan cara untuk bisa berfungsi dalam kehidupan sehari-hari dengan kelainan mereka. Mereka bisa menekan kegelisahan batin mereka.

ADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan dikenal sebagai masalah jiwa anak. Keluhan pasien ADHD banyak persamaan dengan borderliner tetapi penyakitnya berbeda.

Instansi kesehatan jiwa
Belum begitu lama diketahui bahwa ADHD bisa berlangsung terus sampai usia dewasa. Sekarang bukan hanya anak-anak tetapi orang dewasa dengan ADHD sudah bisa dikenali, didiagnosa dan diobati di Belanda. Banyak pekerja di instansi kesehatan jiwa dilatih untuk dapat mengenali dan mendiagnosa orang dewasa dengan ADHD. Berdasarkan penyelidikan dan pengalaman di rumah sakit terbukti bahwa pengobatan ADHD pada usia dewasa bisa berhasil dan mereka bisa berfungsi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Masih banyak penyelidikan dilakukan untuk memperoleh jawaban bagaimana orang bisa membatasi atau menekan akibat ADHD. Ada kemungkinan makanan mempunyai peranan penting.

Gejala dan keluhan ADHD

* Tidak ada perhatian/lalai: gampang beralih perhatian, bermasalah dengan membagi waktu, sering mengerjakan terlalu banyak dalam waktu yang sama, sering datang terlambat, sering buru-buru dan tidak ada persiapan, sulit mengatur keuangan, tidak menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas, sering ragu-ragu, tidak bisa mengambil keputusan, gampang bosan, pikiran tidak konsentrasi pada pembicaraan dan suka lupa.
* Terlalu aktif: Hati yang terus gelisah, tidak bisa duduk diam, kalau bicara ramai, tidak bisa berhenti dan bicara terus tanpa alasan, kegugupan, tiap kali berdiri untuk mengambil sesuatu atau mencari alasan untuk bisa jalan.
* Impulsif: langsung bertindak jika ada ide baru, sulit menunggu giliran, sering memutuskan pembicaraan orang lain, sering gabung dalam pembicaraan atau mengganggu kegiatan orang lain, menjawab sebelum pertanyaan selesai, sering pindah rumah dan/atau ganti pekerjaan atau relasi, mengucapkan sesuatu tanpa memikirkan akibatnya.
* Keluhan lain: berprestasi jelek, sering cari orang yang bisa mengatur kegiatan mereka sehari-hari, suasana hati yang cepat berubah, cepat kecewa, lekas marah, peka terhadap kritik.

Akibat ADHD pada pekerjaan, relasi, dan keluarga
Sebagai akibat yang terus menerus dari gelisah, lalai dan masalah konsentrasi pada prestasi di sekolah, pendidikan dan pada pekerjaan, orang dengan ADHD tidak bisa mencapai hasil yang bagus. Mereka bisa lebih tapi tidak bisa merealisasikannya. Mereka sering tidak menyelesaikan pendidikan dan sering berganti pekerjaan.

Sebagai akibatnya baik penderita ADHD maupun orang lain tidak puas dengan kenyataan yang ada dan bisa memperkuat kegelisahan batin mereka. Pengemudi kendaraan bermotor dengan ADHD mempunyai risiko 4 kali lebih tinggi untuk mendapat kecelakaan dibandingkan dengan pengemudi kendaraan bermotor tanpa ADHD. Tapi untung masih ada orang dewasa dengan ADHD yang bisa berfungsi lumayan meskipun di bawah taraf kecerdasan mereka.

Sekarang kita tahu bahwa ADHD bisa berlangsung terus sampai usia dewasa, anda bisa setidaknya mengenali gejala dan keluhan ADHD pada anak anda atau anda sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter keluarga anda atau menghubungi klinik kesehatan jiwa (GGZ).

Saran Ranesi Dokter
Pengemudi kendaraan bermotor atau pekerja yang membutuhkan konsentrasi bisa menggunakan obat methylfenidaat supaya ketrampilan mereka tidak berbahaya buat orang lain.

ADHD (sampai saat ini) tidak bisa disembuhkan tapi orang dewasa bisa berfungsi cukup baik jika mereka minum obat dengan teratur dan bisa mengendalikan keluhan mereka.

Catatan dari ranesidokter
Para pembaca RANESI yang budiman,
Saya hanya menulis artikel medis dan yang berhubungan dengan dunia medis. Jadi saya tidak memberikan konsultasi tentang masalah kesehatan anda. Untuk itu anda harus ke dokter keluarga anda (huisarts) atau ke dokter spesialis. Berbagai permintaan/pertanyaan pengunjung situs web Ranesi rubrik kesehatan, tentang topik khusus yang bersifat medis bisa dibundel dan akan saya bahas dalam sebuah artikel terpisah.

SUMBER REDAKSI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: